Bahasa Paling Spesifik dan Terdengar Kasar di Madura

Written By Edy Abujamil on Selasa, 06 Mei 2014 | 06.49

Tidak banyak orang yang tahu kalau di Madura sendiri ternyata banyak bahasa lokal, mereka punya kosakata sendiri, dan dari beberapa kalimat tidak dimengerti oleh masyarakat Madura secara umum. Bahasa lokal tersebut antara lain Kangean dan Pinggirpapas. Jika Kangean berada di ujung timur Madura dan merupakan wilayah kepulauan, lain halnya dengan Pinggirpapas. Hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk dapat sampai ke desa ini atau berjarak 10 km dari kota Sumenep.
Desa ini menurut saya istimewa, pertama,karena di desa inilah cikal bakal garam di Madura. Madura yang dikenal dengan sebutan ‘’Pulau Garam” sebenarnya bermula dari desa ini, karena di desa inilah pertama kali ditemukan garam dan sampai saat inipun masih merupakan pusatnya garam di Madura, ini dapat kita lihat dari lahan yang begitu luas, baik yang dimiliki masyarakat atau yang dikelolah oleh PT.GARAM (Pesero)
Yang kedua,dari sisi bahasa di desa ini berbeda dari masyarakat Madura pada umumnya. Hal ini bisa kita bedakan dari logat bahasa yang berbeda dari bahasa Madura pada umumnya . Bahkan sampai ada beberapa kalimat yang mana kalimat tersebut tidak dimengerti oleh masyarakat Madura lainnya.
Keunikan ini akan saya jelaskan sedikit antara lain :
1. Logat Bahasa
Logat bahasa Pinggirpapas sangat berbeda dengan logat bahasa Madura pada umumnya. Jika kita membayangkan bahwa Pinggirpapas yang merupakan salah satu desa di Kec.Kalianget Kab. Sumenep sama dengan gaya atau logat bahasa Madura secara umum itu adalah anggapan yang sangat keliru. Mereka memang berbahasa Madura akan tetapi logatnya saja yang berbeda dan ada kosakata yang sedikit berbeda.
2. Kalimat lokal
Ada beberapa kalimat yang tidak dimengerti oleh masyarakat desa lain , saya akan memberikan sedikit contoh namun itupun sebatas yang saya tahu, karena kebetulan saya adalah warga Pinggirpapas, kalimat itu antara lain :
Odhe = paman
Nten = bibi
Kake = kamu (laki-laki)
Nini = kamu (perempuan)
Toa = Kakek atau nenek
Thong-kethong = boneka
Kereng = pergilah
Enjin = PSK
Bheleben = Kepiting
Dan masih banyak kalimat yang lain
2. Spesifik
Dibandingkan bahasa Madura pada umumnya barangkali ini adalah bahasa yang paling spesifik . ini dapat kita lihat dari beberapa kalimat berikut :
De = kata ganti milik, contoh : “songkokde yang artinya “ songkokmu”. Ini adalah salah satu letak spesifiknya bahasa Pinggirpapas. Jika di wilayah lain misalnya berkata : “bukuna ba’na” (bukunya kamu), maka di Pinggirpapas cukup dengan mengatakan “bukude”( bukumu).
Kalimat lain adalah “Kake” (yang berarti sebutan untuk laki-laki), dan “Nini”( sebutan untuk perempuan). Jika di Madura memanggil lawan bicara dengan kata”ba’na” atau “be’en” ini bisa ada 2 penafsiran, apakah laki-laki atau untuk perempuan, namun di pinggirpapas dibedakan dengan “Kake, Nini”
Keunikan dan kekhususan lain adalah : Jika memanggil orang yang lebih tua = “Elle” dan masih ada kalimat lain yang tidak bisa saya jelaskan secara rinci.
3. Kasar
Kekasaran yang saya maksud bukan dalam arti yang negatif, tetapi ini mungkin hanya didasarkan penilaian orang, atau tergantung kita yang menilai. Namun bagi saya ini adalah suatu ciri khas/ keunikan di desa Pinggirpapas. Hal yang saya maksud kasar adalah di Pinggirpapas jarang sekali orang yang menggunakan bahasa badura dengan bahasa yang halus ( Enggi Bunten). Seperti kita ketahui baik bahasa Madura ataupun bahasa Jawa ada kalimat halus dan kalimat kasar (maaf jika saya mengistilahkan kurang pas). Sebagai contoh di Jawa kalimat “ Satu” = Siji (kasar) Setunggal (halus).
Nah, di Pinggirpapas orang yang menggunakan bahasa “Enggi Bunten”(bahasa halus Madura) itu sangat jarang sekali. Jikapun ada hanya dalam hitungan jari. Namun jangan khawatir warga Pinggirpapas juga adalah warga yang tahu menempatkan diri, dalam artian mereka tetap akan menggunakan bahasa Madura Halus bilamana bicara dengan orang yang bukan warga asli Pinggirpapas.
Demikian sedikit keunikan di Pinggirpapas dan merupakan salah satu keunikan di negeri yang Bhinneka Tunggal Ika. Dan jika ada yang berniat mendalami tentang keunikan Pinggirpapas saya dengan senang hati siap membantu, tentunya sesuai kemampuan saya.
Salam dari ujung timur pulau Madura
10 Nopember 2013
(Abu jamiledy)

Ditulis Oleh : Edy Abujamil ~Pinggirpapas Tercinta

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Bahasa Paling Spesifik dan Terdengar Kasar di Madura yang ditulis oleh Pinggirpapas Tercinta yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 06.49

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.